Rabu, 10 Februari 2010

Generasi Muda sama dengan Generasi Televisi ; Tugas I

Kehidupan masyarakat zaman sekarang akan terus menerus mengalami perubahan sebagai akibat dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada dewasa ini sudah mencapai taraf yang luar biasa, bahkan juga sampai mengalami ledakan yang kuat. Perubahan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ini berpengaruh pula pada bidang pendidikan, termasuk didalamnya ialah pembelajaran generasi muda sekarang ini. Kita sebagai generasi muda pun harus dapat mengantisipasi dan mewaspadai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini. Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ini tentunya dapat juga berdampak positif dan ada juga yang berdampak negatif bagi kehidupan generasi muda sekarang ini. Perlu adanya sumber daya manusia dalam konteks pembelajaran yang mampu berkompetisi dalam zaman sekarang. Seharusnya pengalaman belajar generasi muda untuk menyesuaikan hidupnya pada zaman yang global ini, yang maju dalam ilmu peneegtahuan dan tekhnologi. Sebaiknya kemajuan yang dialami oleh bangsa ini harus mengarahkan pada tingkat pendidikan yang lebih baik.

Disini saya akan mengangkat pembahasan tentang media elektronik yaitu televisi. Telah kita ketahui televisi adalah media elektronik yang telah berkembang pesat dari dulu hingga sekarang ini. Televisi juga digunakan menjadi sumber informasi generasi muda untuk mendapatkan banyak bahan pembelajaran. Begitu banyaknya siaran-siaran yang ada di televisi membawa dampak yang baik, yang berperan dalm meningkatkan mutu pendidikan bagi generasi muda sekarang ini dan juga dapat membantu para generasi muda agar mampu mengembangkan kreativitasnya dalam belajar. Para generasi muda juga sangat terbantu dalam menerapkan teori belajar mereka dengan adanya televisi itu yaitu gunanya untuk memahami dan mengaitkan apa yang mereka peroleh dari sekolah mereka masing-masing dengan apa yang mereka lihat atau mereka tonton dalam televisi itu. Kita sebagai generasi muda khususnya, harus memiliki serta mendapatkan pemikiran yang lebih luas untuk dapat bersaing dengan generasi muda lainnya baik dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menonton siaran televisi yang baik akan membangkitkan motivasi kita dalam melakukan pembelajaran sehingga hal itu dapat meningkatkan kinerja para generasi muda di sekolahnya masing-masing. Dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi ini khususnya pada media televisi, dapat membantu para generasi muda sekarang ini untuk menjadi sesosok murid yang lebih reflektif dan memiliki gaya yang mendalam. Kita mungkin berfikir bahwa adanya variasi-variasi yang ditampilkan pada siaran televisi itu sehingga kita harus mampu bersikap kritis terhadap hal itu agar gaya belajar dan berpikir generasi muda sekarang ini dapat maju dan berkembang dengan sebaik mungkin.

Media elektronik disini adalah televisi. Televisi membawa dampak positif dan negatif pada era sekarang ini, khususnya membawa pengaruh yang signifikan bagi para generasi muda sekarang ini. Dibawah ini adalah pengaruh negatif maupun pengaruh yang positif dari tontonan televisi:

Adapun pengaruh positifnya antara lain:

· Para generasi muda mendapatkan banyak pembelajaran ataupun ilmu-ilmu pendidikan dari berbagai siaran televisi yaitu misalnya: petualangan-petualangan ke berbagai daerah objek wiasata atau daerah terpencil lainnya, atau bisa juga didapat melalui pengenalan akan benda-benda bersejarah dari zaman purbakala yang berbau ilmu pengetahuan.

· Para generasi muda dapat tahu dan belajar dalam berbagai bidang pendidikan yaitu baik segi politik, kesehatan, olahraga, bisnis, dan sebagainya.

· Dari banyaknya tontonan televisi, para generasi muda jadi mampu mengembangkan informasi-informasi yang ada di televisi baik melalui kuis-kuis atau jejak pendapat maupun debat kasus.

Juga pengaruh negatifnya antara lain:

· Ada siaran televisi khususnya yang menayangkan sinetron-sinetron maupun cerita yang tidak masuk akal ataupun karangan fiktif belaka. Jadi inilah yang mampu membawa dampak yang buruk pada generasi muda sekarang ini yaitu generasi muda berpikir imaginatif belaka atau mengkhayalkan sesuatu yang seharusnya tidak pantas atau tidak baik.

· Siaran televisi pada umumnya mempertontonkan kejadian-kejadian yang bertipe kekerasan sehingga hal ini dapat mendorong para generasi muda sekarang ini untuk mempraktekkan perilaku kekerasan itu baik dalam lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, maupun lingkungan masyarakat umum.

· Berkurangnya waktu belajar para generasi muda sekarang karena terlalu lama menonton didepan televisi. Inilah yang mampu membuat generasi muda tidak sempat belajar lagi atau bersikap malas.

Dari semua penjelasan diatas, kita dituntut agar mampu memilah-milah mana tontonan televisi yang baik ataupun yang buruk bagi perkembangan dan kemajuan generasi muda sekarang ini. Kita harus menyelamatkan diri dari pengaruh buruk televisi. Ingat, kita sebagai generasi muda haruslah berpikir ke depan. Kita harus dapat meraih masa depan yang gemilang demi tercapainya kehidupan yang layak dan berguna bagi bangsa dan negara. Akhir kata saya ucapan terima kasih, semoga bacaan ini dapat bermanfaat bagi kita para generasi muda. SEMANGAT !!!!!

DAFTAR PUSTAKA

Ali, M, dkk. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Hanbook. Bandung: FIP UPI Press.

Santrock, John W. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

www.google.com

http://e-pendidikan.com/

http://wordpress.pendidikan.com


Nama : Windhika Siahaan

Tanggal : 10 Februari 2010

1 komentar:

Blogger mengatakan...

If you'd like an alternative to casually picking up girls and trying to find out the right thing to say...

If you would prefer to have women pick YOU, instead of spending your nights prowling around in filthy bars and night clubs...

Then I urge you to view this short video to uncover a amazing little secret that has the potential to get you your very own harem of sexy women just 24 hours from now:

Facebook Seduction System!!!